foto: freepik

Tahiyat Awal dan Akhir - Seluruh muslim diharapkan untuk menyelenggarakan setiap rukun dan gerakan dengan penuh khusyuk dan keikhlasan dalam menjalani ibadah shalat.

Salah satu aspek penting dalam shalat adalah bacaan tahiyat awal dan akhir yang shahih merupakan momen untuk menyampaikan salam kepada Allah SWT.

Bacaan ini bukan hanya sebagai rutinitas, melainkan juga sebagai wujud penghormatan dan pengakuan atas kebesaran-Nya.

Artikel ini akan mengulas secara mendalam tentang doa tahiyat awal dan akhir Latin dan Arab, serta memberikan terjemahan maknanya dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, pembahasan akan mencakup praktik pelaksanaannya saat shalat, memberikan pemahaman yang lebih baik bagi para muslim dalam memperdalam kualitas ibadah mereka. Simak bacaannya di bawah ini!

Bacaan Tahiyat Awal dan Akhir Latin, Arab, dan Terjemahan

Tahiyat awal dilakukan pada rakaat kedua dalam sholat. Pada posisi duduk, bisa membaca bacaan berikut:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِاَ . للَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ

Arab-Latin: Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaatu lillaah. Assalaamu 'alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatullahi wa barokaatuh. Assalaaamu'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish shoolihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar rosuulullah. Allahumma sholli 'alaa Muhammad.

Artinya: "Segala penghormatan, keberkahan, shalawat dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad."

Praktik Tahiyat Awal dan Akhir Saat Shalat

Praktik doa tahiyat awal dan akhir yang shahih dalam shalat adalah momen penting yang menandai penghormatan dan salam kepada Allah SWT serta pengakuan terhadap keesaan-Nya. Berikut adalah praktik pelaksanaannya saat shalat:

1. Tahiyat Awal:

  • Setelah selesai melakukan rukun-rukun shalat sebelumnya, duduklah dengan tegak ketika tiba pada tahiyat awal
  • Bacalah bacaan Tahiyat Awal dengan penuh khusyuk dan kehadiran hati
  • Ketika menyampaikan salam kepada Nabi Muhammad SAW, sampaikanlah dengan penuh penghormatan dan kecintaan
  • Selama membaca, pastikan gerakan tubuh tetap tenang dan fokus pada makna yang disampaikan

2. Tahiyat Akhir:

  • Setelah selesai membaca bacaan Al-Tahiyyat, berdirilah untuk melanjutkan sisa rakaat shalat
  • Jika shalat memiliki dua rakaat, setelah Tahiyat Awal, lanjutkan dengan rakaat kedua shalat
  • Jika shalat memiliki lebih dari dua rakaat, setelah Tahiyat Awal, duduklah sebentar dan kemudian berdiri untuk melanjutkan rakaat-rakaat berikutnya
  • Pada tahiyat akhir, bacalah bacaan Tahiyat Akhir dengan khushu (khusyuk) dan kekhusyuan
  • Sampaikan salam dengan menggerakkan kepala ke kanan dan kiri, menandakan akhirnya ibadah shalat

Catatan Penting:

  • Pastikan untuk menjaga kesunahan dalam gerakan dan bacaan, mengikuti tata cara yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.
  • Doa tahiyat awal dan akhir latin dapat dipelajari secara bertahap untuk memastikan pengucapannya benar dan memahami maknanya.
  • Selalu lakukan shalat dengan penuh kehadiran hati dan kesadaran akan kebesaran Allah SWT.

Melalui pemahaman terhadap arti dan makna dalam doa tahiyat awal dan akhir diharapkan setiap muslim dapat meningkatkan kualitas ibadahnya dan merasakan kehadiran Allah SWT dalam setiap langkah shalat mereka.

Semoga artikel ini memberikan inspirasi dan panduan bagi para pembaca dalam memperdalam ibadah shalat mereka, sehingga setiap gerakan dan bacaan yang dilakukan dapat menjadi ladang pahala dan mendekatkan diri kepada-Nya.


Tag :