Manfaat Surat Al Kahfi (Foto:Winda)

Sebagai bagian dari Al-Qur'an, Surat Al Kahfi bukan hanya sekadar rangkaian ayat yang ditulis untuk dibaca, tetapi juga sebuah petunjuk hidup yang sarat dengan hikmah dan nilai ajaran Islam.

Surat ini terdiri dari 110 ayat yang termasuk dalam golongan surat Makkiyah diturunkan di kota Makkah. Meskipun demikian, pesan yang terkandung di setiap ayatnya sangat menginspirasi umat Muslim hingga saat ini.

Mengutip dari buku berjudul Kumpulan Buletin Jumat Masjid Baiturrahman Jilid 2 karya Hendra Suhendra, dkk (2015), terdapat sejumlah manfaat Surat Al Kahfi yang dapat kita rasakan ketika telah membacanya.

Disarankan untuk dibaca, terutama pada hari atau malam Jumat, sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Beliau menyatakan, "Barang siapa membaca Surat Al-Kahfi pada malam Jumat, akan diberikan cahaya di antara dirinya dan Ka'bah yang mengarahkan kepadanya" (HR Ad-Darimi).

Hal ini menunjukkan pentingnya membaca surat ini pada waktu-waktu tertentu, memberikan peluang untuk mendapatkan keberkahan dan cahaya di dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas, apa manfaat Surat Al Kahfi lainnya? Tenang saja, kamu tak perlu risau, ya. Pada artikel ini akan kami ulas secara lengkap. Yuk, simak hingga akhir!

1. Diampuni Dosa

Manfaat Surat Al Kahfi, khususnya pada hari Jumat, diyakini dapat mengantarkan umat Muslim untuk diampuni dosa-dosanya. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melibatkan diri dalam membaca surat ini sebagai upaya mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Artinya:

"Barang siapa yang membacakan Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan mengalirkan cahaya dari bawah kakinya hingga mencapai langit, akan menjadi sumber penerangan baginya di hari kiamat, dan dosanya akan diampuni antara dua hari Jumat," (Hadis Riwayat Ibnu Umar).

2. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Rasulullah SAW menekankan bahwa kewaspadaan terhadap fitnah dajjal dapat diperoleh tidak hanya dengan membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, melainkan juga melibatkan kegiatan membaca secara rutin.

Sebuah hadis menyampaikan, "Dajjal tidak akan muncul sampai manusia melupakan keberadaannya dan para pemimpin agama tidak lagi menyampaikan peringatan tentangnya di mimbar-mimbar," (HR Ahmad).

Fitnah dajjal dianggap sebagai ujian yang amat kejam, memiliki potensi untuk menyesatkan dan mengakibatkan seseorang terjerumus ke dalam siksa neraka Jahanam.

Oleh karena itu, menjaga kesadaran terhadap dajjal adalah tanggung jawab bersama yang tidak terbatas pada waktu tertentu, dan membaca Surat Al-Kahfi secara teratur dapat menjadi salah satu bentuk perlindungan dari fitnah tersebut.

3. Dijauhkan dari Godaan Setan

Manfaat Surat Al-Kahfi dianggap sebagai benteng kokoh yang melindungi umat Muslim dari godaan setan. Ayatnya, sarat dengan hikmah, berfungsi sebagai perisai spiritual yang membantu melawan upaya tipu daya dan godaan setan.

Dengan merenungkan makna dalam Surat Al-Kahfi, umat Muslim dapat memperoleh kepekaan spiritual yang memungkinkan mereka mengenali dan menjauhkan diri dari godaan yang dapat menggoyahkan iman dan tata nilai moral.

4. Meningkatkan Keimanan

Membaca, memahami, dan merenungkan Surat Al-Kahfi bukan hanya sekadar aktivitas membaca, melainkan sebuah perjalanan spiritual yang dapat menguatkan pondasi keimanan.

Kisah yang terdapat dalam surat ini, bersama dengan ajaran-ajaran moralnya, memberikan dorongan kuat untuk memperdalam keyakinan umat Muslim terhadap ajaran Islam. Dengan memahami setiap ayat, keimanan seseorang dapat berkembang dan menjadi semakin kokoh.

5. Mendapatkan Petunjuk dan Bimbingan Allah

Setiap ayatnya mengandung hikmah dan ajaran moral yang memberikan pencerahan bagi umat Muslim dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan.

Salah satu wujudnya adalah dengan menerima cahaya tersebut hingga mencapai Jumat berikutnya, sebagaimana yang dinyatakan dalam sabda Rasulullah SAW:

"Barang siapa membaca akan merasakan manfaat Surat Al Kahfi di hari jumat dan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jumat," (HR Hakim).

Hadis ini menegaskan bahwa membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat dapat menghasilkan cahaya spiritual yang menerangi perjalanan hidup seorang Muslim hingga melintasi satu pekan menuju Jumat berikutnya.

Cahaya ini merupakan anugerah Allah SWT yang memberikan petunjuk dan bimbingan, menjadi penerang dalam setiap langkah umat Muslim.

6. Meninggal dalam Keadaan Syahid

Penting bagi seluruh umat Islam untuk mengetahui manfaat Surat Al Kahfi sehingga mereka dapat menjadikannya amalan rutin dalam kehidupan sehari-hari. Diketahui bahwa membaca Surat Al Kahfi dapat membawa kita pada keadaan syahid saat meninggal dunia.

Al Imam Baqir menjelaskan bahwa keutamaan Surat Al Kahfi dapat diperoleh dengan membacanya setiap malam Jumat.

Selain memberikan keistimewaan meninggal dalam keadaan syahid, Surat Al-Kahfi juga diyakini dapat membantu umat Islam untuk bangkit bersama golongan syuhada di hari kiamat.

7. Mendapatkan Ridha Allah SWT

Surat ini diyakini sebagai sarana yang dapat mendekatkan umat Muslim kepada Allah SWT, membangun hubungan yang lebih erat dan penuh berkah. Ridha Allah sendiri mencerminkan kebahagiaan, persetujuan, dan keridhaan-Nya terhadap amal perbuatan hamba-Nya.

8. Diangkat Segala Penyakit

Adapun manfaat Surat Al Kahfi untuk orang sakit dapat diangkat dari segala penyakit. Dalam ajaran Islam, surat ini diyakini memiliki kekuatan spiritual yang dapat memberikan perlindungan dan kesembuhan dari berbagai macam penyakit, baik fisik maupun mental.

Membaca, memahami, dan merenungkan isi surat ini dianggap sebagai amalan yang dapat menghasilkan keberkahan dan energi penyembuhan.

Mari tingkatkan amalan kita dengan membaca Surat Al Kahfi secara rutin, khususnya pada hari Jumat, untuk mendapatkan manfaat, keberkahan, ampunan dosa, perlindungan dari fitnah dajjal, godaan setan, dan diangkat segala penyakit. Semoga bermanfaat!

 


Tag :